Sidang Terbuka Promosi Doktor Sdri. Sylvia Prisca Delima

Selasa, 25 Juni 2019 Program Doktor Program Studi Ilmu Lingkungan Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia melaksanakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Lingkungan dengan promovendus Sdri. Sylvia Prisca Delima di Aula Gedung IASTH UI Lantai 3 Kampus UI Salemba. Sidang ini dilaksanakan dalam rangka memperoleh gelar Doktor Ilmu Lingkungan pada Program Studi Ilmu Lingkungan Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia dengan judul disertasinya yaitu MODEL KETAHANAN SOSIAL-EKOLOGI DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (STUDI KOTA BATAM).

Sidang ini dipimpin oleh Dr. Emil Budianto dengan Promotor Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc. serta sebagai Ko-Promotor Prof. Dr. Ir. Abimanyu T. Alamsyah, M.Si. dan Dr. Ir. Setyo Sarwanto Moersidik, DEA. Bertindak sebagai Majelis Penguji dalam sidang terbuka promosi doktor ini antara lain Prof. Dr. Iwan Gardono Sujatmiko, MA; Dr. Eri R. Hidayat, B.Sc., MBA, MHMRC; Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si. dan Dr. Hayati Sari Hasibuan, ST, MT.

Dalam paparan disertasinya, Sdri. Sylvia Prisca Delima mengemukakan bahwa Kota Batam memiliki nilai strategis karena adanya kebutuhan daerah terdepan yang secara representatif berfungsi sebagai ajang pamer Indonesia, sehingga ketangguhannya perlu terbukti dan teruji terhadap dinamika lokal, nasional, dan internasional. Berkenaan dengan itu, pembangunan lingkungan binaan berkenaan dengan ketahanan sosial-ekologi dan rancangan keberlanjutan pembangunannya pun menjadi sangat krusial untuk dapat terus bertransformasi seturut dinamika yang ada. Membangun ketahanan sosial-ekologi kota, saat ini dianggap agenda urban penting dan semakin menjadi perhatian kota-kota di seluruh dunia.

Konsep Ketahanan Sosial-Ekologi dalam Pembangunan Berkelanjutan pada riset ini dimaksudkan sebagai kemampuan masyarakat Kota Batam dalam menghadapi keterbatasan lingkungan alam berkenaan dengan Limits to Growth dan keterbatasan lingkungan sosial dalam upaya melakukan pembangunan berkelanjutan untuk menjamin perikehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Ketahanan sosial-ekologi dalam pembangunan berkelanjutan diharapkan membuat masyarakat mampu mandiri mengeliminasi berbagai friksi dan mengatasi ancaman lingkungan sosial dan alam.

Disertasi ini bertujuan untuk mengkonstruksi model konseptual ketahanan sosial-ekologi dan pengaruhnya pada pembangunan berkelanjutan sebagai interaksi aspek pembangunan lingkungan alam (pulau dan kepulauan), lingkungan sosial (kota urban), dan lingkungan binaan (bandar madani dan wilayah perbatasan) berbasis Kualitas Kehidupan Sosial Budaya. Keterbaruan dalam riset ini adalah model ketahanan sosial-ekologi dengan sarana kualitas kehidupan sosial budaya yang dianalisis menurut interaksi antara elemen struktural, kultural, dan prosesual, berdasarkan studi capaian pembangunan di Kota Batam

Kesimpulan yang disampaikan terkait riset ini adalah Gabungan Konsep dan Penjabaran 5 Pilar Pembangungan Berkelanjutan (SDG) dan Kerangka Ketahanan Kota (The Rockefeller Foundation & Arup) sangat komprehensif dalam melihat kondisi kota dan lingkungan sosial yang ada. Kondisi ketahanan sosial-ekologi sangat terkait erat dengan dinamika lokal, regional, dan global; spesifikasi dan spesialisasi lingkungan setempat, karakteristik regional, serta faktor sosial budaya yang berpengarung menentukan kekhasan ketahanan sosial-ekologi. Model ketahanan sosial untuk pembangunan berkelanjutan sebagai interaksi aspek pembangunan lingkungan alam dan lingkungan sosial bersifat sangat dinamis. Artinya untuk mencapai suatu bentuk ketahanan sosial, diperlukan analisis yang bersifat rangkaian dari waktu ke waktu disertai luasan dan tingkatan yang dapat menunjukkan dinamika bentuk ketahanan sosial yang ada, baik kemajuan atau kemunduran yang tercatat, agar dapat mendukung pembuatan kebijakan pembangunan berkelanjutan dengan lebih baik.

Sdri. Sylvia Prisca Delima berhasil mempresentasikan dan mempertahankan disertasinya di hadapan Majelis Penguji dengan sangat baik dan mendapatkan yudisium SANGAT MEMUASKAN. Sdri. Sylvia Prisca Delima berhasil menjadi Doktor Ilmu Lingkungan ke-148 yang lulus pada Program Studi Ilmu Lingkungan Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia.

Related Posts

Kontak Kami

Faculty Contact Info

HEAD OFFICE

Kampus UI Salemba โ€“ Gedung C (FKG) Lt. 5 dan 6
Jl. Salemba Raya No. 4,
Jakarta Pusat 10430

+6221 (021) 31930251
sil@ui.ac.id

 

Mon – Fri 9:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

Pengumuman