Sidang Terbuka Promosi Doktor Sdr. Wahyu Mulyana

Sabtu, 22 Juni 2019 Program Doktor Program Studi Ilmu Lingkungan Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia melaksanakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Lingkungan dengan promovendus Sdr. Wahyu Mulyana di Aula Gedung IASTH UI Lantai 3 Kampus UI Salemba. Sidang ini dilaksanakan dalam rangka memperoleh gelar Doktor Ilmu Lingkungan pada Program Studi Ilmu Lingkungan Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia dengan judul disertasinya yaitu DYNAMIC GOVERNANCE DALAM TATA KELOLA LINGKUNGAN PERKOTAAN (Studi Tata Kelola Air Perkotaan Metropolitan).

Sidang ini dipimpin oleh Dr. Emil Budianto dengan Promotor Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag.rer.Publ. serta sebagai Ko-Promotor Prof. Dr. Ir. Emirhadi Suganda, M.Sc. dan Dr. Ir. Setyo Sarwanto Moersidik, DEA. Bertindak sebagai Majelis Penguji dalam sidang terbuka promosi doktor ini antara lain Prof. Ir. Tommy Firman, M.Sc., Ph.D; Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl., SE, M.Eng.; Prof. Dr. Ing. Ir. Dwita Sutjiningsih, Dipl., HE; Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si. dan Dr. Hayati Sari Hasibuan, ST, MT.

Dalam paparan disertasinya, Sdr. Wahyu Mulyana menyampaikan bahwa perkotaan sebagai tempat konsentrasi penduduk dan kegiatan ekonomi memiliki peran penting dalam pengelolaan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Air menjadi salah satu sumber daya kunci yang dibutuhkan manusia untuk melangsungkan kehidupan dan membangun kesejahteraan masyarakat perkoataan. Kehidupan masyarakat perkotaan membutuhkan ketersediaan air yang mencukupi secara kuantitas, kualitas dan kontinuitas. Saat ini, pengelolaan air perkotaan masih dilakukan secara tradisional bertumpu pada pembangunan jaringan infrastruktur fisik untuk mengurangi kesenjangan pelayanan dasar dan masih dikelola secara terpisah-pisah (fragmented).

Disertasi ini bertujuan untuk mengembangkan model dynamic governance dalam tata kelola air perkotaan. Keterbaharuan disertasi ini adalah pengembangan model dynamic governance yang berhasil diterapkan dalam penyelenggaraan pelayanan publik oleh organisasi pemerintah di Singapura dikaitkan dengan proses hirarki kebijakan mulai level kebijakan, organisasional dan operasional melibatkan multi sektor dan multi aktor pada level pemerintahan berbeda dalam pengelolaan air perkotaan berkelanjutan. Riset ini dilakukan pada level nasional, provinsi dan kabupaten/kota yang terkait dengan pengelolaan kawasan perkotaan metropolitan. Studi kasus dilakukan di Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung sebagai kawasan perkotaan metropolitan cepat tumbuh di Indonesia.

Keluaran riset ini berupa model konseptual dynamic governance dalam tata kelola air perkotaan pada proses hirarki kebijakan mulai level kebijakan, organisasional dan operasional melibatkan multi aktor dan multi sektor pada tingkatan pemerintahan berbeda untuk mewujudkan tujuan pengelolaan air perkotaan berkelanjutan. Model konseptual ini digambarkan melalui jalur-jalur aktifitas yang dikembangkan berdasarkan interaksi eleman kapabilitas dinamis dengan kultur organisasi. Adaptasi model konseptual dynamic governance dilakukan pada Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung sebagai strategi implementasi untuk tipologi Kawasan perkotaan yang cepat tumbuh. Pada bagian akhir, Sdr. Wahyu Mulyana menyampaikan saran bagi akademisi, pemerintah daerah dan aktor non pemerintah untuk mengadaptasi model DG pada pengelolaan lingkungan di kawasan perkotaan metropolitan lain dan mengaplikasikan model DG dalam proses advokasi kebijakan publik pengelolaan air yang berkelanjutan.

Sdr. Wahyu Mulyana berhasil mempresentasikan dan mempertahankan disertasinya di hadapan Majelis Penguji dengan sangat baik dan mendapatkan yudisium SANGAT MEMUASKAN. Sdr. Wahyu Mulyana berhasil menjadi Doktor Ilmu Lingkungan ke-147 yang lulus pada Program Studi Ilmu Lingkungan Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia.

Related Posts

Kontak Kami

Faculty Contact Info

HEAD OFFICE

Kampus UI Salemba โ€“ Gedung C (FKG) Lt. 5 dan 6
Jl. Salemba Raya No. 4,
Jakarta Pusat 10430

+6221 (021) 31930251
sil@ui.ac.id

 

Mon – Fri 9:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

Pengumuman