Program Magister

Visi

Visi Program Magister Ilmu Lingkungan Sekolah Ilmu Lingkungan adalah menjadi pusat unggulan dan inovatif pada bidang kajian ilmu lingkungan yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan.

Misi

Misi yang dijalankan oleh Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Sekolah Ilmu Lingkungan adalah:

  1. Mendidik sumber daya manusia agar memiliki daya analisis dan pemikiran yang konstruktif serta inovatif dalam kajian ilmu lingkungan dengan tiga pilar utama lingkungan, ekonomi, dan sosial.
  2. Mengembangkan peranan dan profesionalisme sumber daya manusia dengan kemampuan penalaran yang kritis dan memiliki kemampuan praktis di bidang ilmu lingkungan memiliki pendekatan interdisiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial budaya.
  3. Mengembangkan riset-riset di bidang kajian ilmu lingkungan yang berstandar nasional dan internasional yang mampu mengantarkan Indonesia ke era global.
  4. Memberikan darma bakti kepada masyarakat berupa pengembangan IPTEK, model, dan pemecahan berbagai masalah.

Tujuan

Program Studi Ilmu Lingkungan Jenjang Magister Mempunyai tujuan Menjadi pusat unggulan inovatif pada bidang ilmu lingkungan yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan dalam rangka kebijakan Universitas Indonesia sebagai universitas riset unggulan di regional dan menjadi Guru Bangsa

Profil Lulusan Magister Ilmu Lingkungan

Magister yang mampu mengembangkan pengetahuan di bidang Ilmu Lingkungan dan mampu melakukan (mengelola) penelitian dan mampu mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan di dalam bidang keilmuan lingkungan melalui pendekatan interdisiplin dan multidisiplin, serta mampu menulis dan mendesiminasikan hasil penelitian kepada masyarakat.

Capaian Pembelajaran Magister Ilmu Lingkungan

  1. Mampu memahami konsep dan teori ilmu lingkungan.
  2. Mampu menyusun kerangka konsep dan kerangka teori ilmu lingkungan.
  3. Mampu menerapkan konsep dan teori ilmu lingkungan.
  4. Mampu menghasilkan karya inovatif dan teruji di bidang ilmu lingkungan.
  5. Mampu menganalisis menggunakan pendekatan ilmu lingkungan.
  6. Mampu memecahkan permasalahan dengan pendekatan ilmu lingkungan secara inter dan multidisiplin.
  7. Mampu menyusun rancangan penelitian bidang ilmu lingkungan.
  8. Mampu melaksanakan riset di bidang ilmu lingkungan secara mandiri dengan tetap menjalin kerjasama dengan para pihak
  9. Mampu menulis publikasi hasil karya ilmiah nasional dan internasional.
  10. Mampu mendesiminasikan hasil karya ilmiah nasional dan internasional.

X