Pertahankan Disertasi Tentang Ruang Terbuka Hijau Perkotaan, Retno Setiowati Raih Gelar Doktor Ilmu Lingkungan UI

Program Studi Ilmu Lingkungan Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia melaksanakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Lingkungan dengan promovendus Sdri. Retno Setiowati di Gedung IASTH UI Lantai 5 Kampus UI Salemba pada Sabtu (12/11).
Sidang tersebut dilaksanakan dalam rangka ujian promosi memperoleh gelar Doktor Ilmu Lingkungan pada Program Studi Ilmu Lingkungan Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia dengan judul disertasinya yaitu Model Valuasi Ruang Terbuka Hijau Perkotaan Dengan Pendekatan Preferensi (Studi di Provinsi DKI Jakarta).

Sidang diselenggarakan secara luring, dipimpin oleh Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si. dengan promotor Prof. Dr. Kosuke Mizuno serta Dr. Hayati Sari, S.T., M.T. dan Drs. Raldi Hendrotoro Seputro Koestoer M.Sc., Ph.D. sebagai ko-promotor. Sidang promosi Doktor ini juga dihadiri oleh tim penguji Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, M.Sc., Ir. Chairil Abdini Abidin Said, M.Sc., Ph.D., Ir. Wicaksono Sarosa, MCP, Ph.D., Dr. Ir. Dwi Nowo Martono, M.Si., dan Dr. Evi Frimawaty, S.Pt., M.Si.
Sdri. Retno Setiowati dalam disertasinya membahas bagaimana persepsi masyarakat tentang RTH selama pandemi СOVID-19, mengidentifikasi atribut RTH perkotaan, fasilitas lingkungan, dan struktur rumah tinggal yang mempengaruhi harga tanah, mengestimasi nilai RTH perkotaan, dan membuat model valuasi RTH perkotaan dengan preferensi.

Tujuan riset dalam disertasi ini adalah (1) menganalisis persepsi masyarakat tentang pengetahuan, penggunaan, pengambilan keputusan, pengelolaan, dan kepuasan pada RTH perkotaan selama pandemi COVID-19. (2) menganalisis RTH perkotaan, fasilitas, lingkungan, dan struktur rumah tinggal memengaruhi harga tanah. (3) membuat model valuasi RTH perkotaan dengan pendekatan preferensi. (4) mengestimasi nilai RTH perkotaan.
Sdri. Retno Setiowati melakukan perhitungan valuasi nilai RTH pada riset ini menggunakan dua pendekatan yaitu dengan Teori Hedonic Price Method (HPM) dan Life Satisfaction Approach (LSA). Valuasi nilai RTH dengan kedua pendekatan tersebut menggunakan model regresi berganda Ordinary Least Square (OLS) dengan pendekatan preferensi. Hasil olah data statistik menggunakan SPSS versi 25 menghasilkan parameter estimasi koefisien dengan pengaruh yang berbeda-beda pada harga tanah.

Hasil riset menunjukkan bahwa masyarakat memiliki pengetahuan yang baik dan terjadi perubahan perilaku penggunaan RTH perkotaan selama pandemi. Mayoritas masyarakat memiliki harapan agar RTH perkotaan sebaiknya dibuka pada masa pandemi. Pembuatan model valuasi RTH dengan preferensi menggunakan model II metode HPM dengan R Square (R²) sebesar 0,585. Estimasi nilai hutan kota pada radius jarak 1.000 m-2.000 m dan 500 m-1.000 m meningkatkan harga tanah sebesar Rp2.092.910 dan Rp1.863.998. Estimasi nilai taman pada radius jarak 500 m-1.000 m meningkatkan harga tanah sebesar Rp1.002.853, sedangkan estimasi nilai pemakaman pada radius jarak 500 m-1000 m dan 1.000 m-2.000 menurunkan harga tanah sebesar (Rp4.098.616) dan (Rp1.635.086).

Sdri. Retno Setiowati berhasil mempresentasikan dan mempertahankan disertasinya di hadapan Dewan Penguji dengan sangat baik dan mendapatkan yudisium CUMLAUDE dengan IPK 3.93. Sdri. Retno Setiowati berhasil menjadi Doktor Ilmu Lingkungan ke-177 yang lulus pada Program Studi Ilmu Lingkungan Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia.
[RM]

 83 total views,  2 views today

Related Posts

Kontak Kami

Faculty Contact Info

HEAD OFFICE

Kampus UI Salemba – Gedung C (FKG) Lt. 5 dan 6
Jl. Salemba Raya No. 4,
Jakarta Pusat 10430

+6221 (021) 31930251
sil@ui.ac.id

 

Mon – Fri 9:00A.M. – 5:00P.M.

Social Info

Pengumuman