Visiting Research Institute in Kyoto University

Wednesday, March 13 th, 2019 ·

Agreement of Implementation antara SIL UI dan Kyoto University yang telah ditandatangani pada tanggal 25 Februari 2019 membuahkan diskusi-diskusi yang dapat menjadi pengembangan kedua belah pihak. SIL UI berkesempatan untuk mengunjungi Research Institute of Humanity and Nature (RIHN), Disaster Prevention Research Institute Kyoto University, dan International Lake Environment Committee Foundation (ILEC) Biwa. Berikut reportase kegiatannya:

  • Research Institute of Humanity and Nature (RIHN)

Rombongan SIL ditemui oleh Director RIHN. RIHN adalah pusat riset untuk bidang kemanusiaan dan lingkungan yang memiliki 18 ruang laboratorium. Laboratorium ini dapat digunakan secara bersama oleh proyek-proyek riset yang  terpilih untuk dibiayai oleh RIHN.

Kunjungan ke RIHN: Direktur RIHN dan laboratorium

RIHN ini adalah pusat riset terintegrasi, dimana para Professor dari seluruh universitas di Jepang dapat turut aktif menyampaikan proposal riset. Kegiatan riset ini dapat bekerjasama dengan institusi di luar Jepang. Kesempatan ini sangat baik jika diupayakan untuk bekerjasama riset dengan SIL UI, baik pelibatan program studi maupun PPSML sebagai lembaga studi di bawah SIL. Laboratorium RIHN ini meliputi: lab biologi, microscope, multi-purpose lab, isotope analysis, dan kimia analisis. Dilengkapi dengan beberapa ruang preparasi, clean, dan sample storage.

  • Disaster Prevention Research Institute Kyoto University

Rombongan SIL ditemui oleh Director DPRI, Professor Hajime NAKAGAWA beserta jajarannya.  DPRI dibangun sejak tahun 1951 sebagai  pusat riset kebencanaan terbesar kedua setelah Tokyo University. DPRI menyelenggarakan kegiatan riset aplikasi pada pengurangan risiko bencana, investigasi mekanisme bencana alam pada skala lokal dan global. Kerjasama riset sangat memungkinkan dan juga mengikuti training yang diselenggarakan oleh DPRI.

Pertemuan dan diskusi SIL dengan Pimpinan DPRI

  • International Lake Environment Committee Foundation (ILEC) Biwa

Lake Biwa bertempat di Chiga Perfecture yang menyelenggarakan berbagai seminar dan training untuk pengelolaan danau. Rombongan SIL ditemui oleh Sekjen ILEC Ichiki Shigekazu. Training program diselenggarakan oleh JICA tentang Water Quality Management untuk negara-negara di seluruh dunia, World Bank Program, dan UNEP Program. Terdapat juga capacity building for young people.

Foto bersama di depan Gedung Museum Lake Biwa bersama Sekjen ILEC

X