Open Course

 

Perencanaan Pembangunan Berkelanjutan

Deskripsi mata kuliah :
Mata kuliah Perencanaan Pembangunan Berkelanjutan mempelajari tentang prinsip dan pilar keberlanjutaan dalam pendekatan analisis dan pemecahan permasalahan lingkungan. Proses pembelajaran yang dilakukan adalah Student Active Learning. Dalam proses pembelajarannya dilakukan melalui diskusi interaktif, case based learning (CBL), dan zigsaw. Makalah individu bertema pembangunan perkotaan menjadi syarat kelulusan mata kuliah ini. Ruang lingkup bahan kajian meliputi: pengertian pembangunan berkelanjutan, perkembangan konsep keberlanjutan, perkembangan sustainability science, triple bottom line (ekonomi, social, dan lingkungan), Sustainable Development Goals (SDGs). Bahasa yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah bahasa Indonesia.

Tim Pengajar:
Dr. Hayati Sari Hasibuan, ST, MT
Prof. Dr. Kosuke Mizuno
Dr. Ir. Sri Setiawati, M.A

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu merancang karya ilmiah mengenai Perencanaan Pembangunan Berkelanjutan dengan berdasarkan ilmu lingkungan dan pertimbangan tiga pilar pembangunan berkelanjutan (Ekonomi, sosial, dan lingkungan)

Referensi Utama:
1. Introduction to Sustainable Development, Rogers et all (2008)
2. Kirsten M. Parris, Ecology of Urban Environments, Wiley Blackwell, 2016 Endlicher et al, 2011
3. The Brundland Report: Our Common Future, Oktober 1987
4. The Age of Sustainable Development, Jeffry Sach, 2015
5. A Curriculum Framework for Sustainable Development Goa;, First Edition, July 2017, The Commonwealth

 

Ekologi Lanjut

Deskripsi mata kuliah :
Mata kuliah Ekologi lanjut mempelajari tentang pengertian dan penerapan dari ekologi, ekosistem, jenis dan komponen ekosistem, prinsip ekosistem, tipologi ekosistem dan kerawanannya, siklus biogeokomia, populasi, deskripsi ciri dan bentuk pertumbuhan populasi, jenis interaksi antar populasi, pertumbuhan populasi manusia, ekologi manusia, degradasi lingkungan, dan pengelolaan lingkungan. Mahasiswa diharapkan dapat mengenali permasalahan lingkungan dan memberikan solusi restorasi ekologi berdasarkan ilmu lingkungan. Proses pembelajaran yang dilakukan adalah Student Active Learning. Dalam proses pembelajarannya dilakukan dengan metode diskusi dan kuliah interaktif, praktikum lapangan atau dalam bentuk simulasi dan diskusi kelompok.

Tim Pengajar:

  1. Dr. Suyud Warno Utomo (Koordinator)
  2. Dr. Dra. Noverita Dian Takarina, M.Sc
  3. Dr. Sri Setiawati 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa memiliki ecological intelligence, mampu mengenali masalah lingkungan sebelum permasalahan itu menjadi nyata dan apabila sudah menjadi nyata mahasiswa mampu memberikan solusinya.

Referensi:

  1. ——— (1993) – Fundamentals of Ecology. Saunders Co. 571 hal.
  2. ——— (1995) – Ecology: the link between the natural and the social sciences. Oxford Publ. Co. 244 hal.
  3. Anugerah Nontji. 2005. Laut Nusantara. Edisi Revisi Cetakan ke IV, Penerbit Jambatan
  4. Anugerah Nontji. 2006. Tiada kehidupan di bumi tanpa keberadaan PLANKTON. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Pusat Penelitian Oseanografi
  5. Benton, A.H. & W.E. Werner (1974) – Field Biology and Ecology. Tata-McGraw Hill Publ. 569 pp.
  6. Caroll, C.R.; J.H. v.d.Meer, P.M. Rosset (eds) (1990_ – Agroecology. McGrawHill 1990, 641 hal.
  7. Castro, P. & M.E. M.E. Huber. 2008. Marine Biology. Seventh Edition. McGraw Hill International Edition
  8. E.P. Odum. 1971. Fundamental of Ecology. Third Edition, W.B. Saunders Company, Toppan Company, LTD. Tokyo, Japan
  9. Hutomo, M., A. Nontji and Dirhamsyah. 2010. Regional Coastal Resources and Environment Profile for ASEAN Region. Research Center for Oceanography, Indonesian Instiute of Sciences.
  10. James W. Nybakken. 1988. Biologi Laut: Suatu Pendekatan Ekologis. Penerbit Gramedia
  11. Koesoebiono. 1979. Dasar-dasar Ekologi Umum Bagian IV (Ekologi Perairan) Bab 3: Ekologi Bahari (Hal. 59-138)
  12. Krebs, C.J. 1972. Ecology. Harper & Row, Publishers, London
  13. Kumar, H.D. (1990) – Modern Concepts of Ecology. Vikas Publ. New Delhi
  14. Mc Naughton, S.I. & L.L. (1975) – Ekologi Umum. Gadjah Mada Univ. Press. 1140 pp.
  15. McNaughton, S.J. and L. L. Wolf. 1993. General Ecology. Holt, Rinehart and Winston, Inc., Toronto
  16. Michael, P. (1984)–Ecological Methods for Field and Laboratory Investigations. Tata McGraw-Hill Publ. Co. New Delhi. 484 pp
  17. Misra, K.C. (1980) – Manual of Plant Ecology. Oxford & I.B.H. Publ.Co. 457 pp.
  18. Resosudarmo, R.S.; K. Kartawinata; A. Soegiarto (1992) –Pengantar Ekologi. Remadja Karya CV. 174 pp.
  19. Sverdrup, K.A. & E.V. Armbrust. 2008. An introduction to the world ocean. Ninth Edition. McGraw Hill International Edition.
  20. Tomas Tomasick et al. 1997. The Ecology of the Indonesian Seas. Part One & Two Periplus Edition (HK) Ltd

X