Himpasiling UI

Sejarah Perjuangan Himpasiling UI

Mahasiswa Program Pascasarjana Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (PSIL UI) adalah salah satu unsur dalam sivitas akademika Universitas Indonesia. Mahasiswa yang dengan semangat kekeluargaan dan keilmuan harus mampu mengabdi kepada masyarakyat, bangsa dan negara berdasarkan prinsip-prinsip Tridharma Perguruan Tinggi. Mahasiswa PSIL UI dengan bekal pendidikan dan ilmu pengetahuan di bidang lingkungan hidup yang telah diperolehnya, didorong untuk ikut serta dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Menyadari akan kedudukan dan fungsi mahasiwa PSIL kepada masyarakat dan almamater, maka dosen, tendik, alumni, dan mahasiswa PSIL di sivitas akademik UI menginisiasi membentuk sebuah wadah untuk menjalankan cita-cita tersebut. Kemudian, dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, mahasiswa PSIL UI bertekad membentuk wadah organisasi bernama Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia atau disingkat Himpasiling UI.

 

Pendiri Himpasiling UI

Pada masa awal pembentukannya, wadah Himpasiling UI ini didirikan oleh dosen, mahasiswa, dan alumni pada tanggal 15 November 2013 di Kampus Universitas Indonesia Salemba, Jakarta Pusat. Nama-nama yang terlibat sebagai pendiri Himpasiling UI adalah:

  1. Prof. dr. Haryoto Kusnoputranto, SKM, Dr.PH. (Ketua PSIL UI);
  2. Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si. (Dosen PSIL UI);
  3. Erny Dasmawati, M.Si. (Tenaga Pendidik);
  4. Rahmat Irfansyah, M.Si. (Mahasiswa PSIL UI);

Baru setelah dua bulan selesai mengkonsepkan sebuah wadah aspirasi mahasiswa ini, Himpasiling UI disahkan pada tanggal 17 Februari 2014 di Kampus Universitas Indonesia Salemba, Jakarta Pusat oleh Ketua Program Studi Ilmu Lingkungan, Fakultas Pascasarjana, Universitas Indonesia. Pada tanggal itu pula diangkat seorang mahasiswa PSIL jenjang S3 bernama Rahmat Irfansyah menjadi Ketua Himpasiling UI Pertama pada Tahun 2014.

 

Ketua Himpasiling UI

Adapun Ketua Himpasiling UI sejak Tahun 2014 hingga sekarang adalah:

  1. Tahun 2014 – Rahmat Irfansyah (S3)
  2. Tahun 2015 – Ivan Syamsurizal (S3)
  3. Tahun 2016 – Moh. Cecep Cepi Hikmat (S2)
  4. Tahun 2017 – Muhammad Muhsin (S2)
  5. Tahun 2018 – Ihya Sulthonuddin (S2)
  6. Tahun 2019 – Sabarina Isma Husein (S2)
  7. Tahun 2020 – Priyaji Agung Pambudi (S3)

X