Bayu Andalas Promosi Doktor Ilmu Lingkungan “Model Kenyamanan Termal Gedung Pemerintah Ramah Lingkungan”

Wednesday, January 29 th, 2020 · , ,

Pada hari Sabtu tanggal 11 Januari 2020 Program Studi Ilmu Lingkungan, Sekolah Ilmu Lingkungan UI melaksanakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Lingkungan dengan promovendus Bayu Andalas di Aula Gedung IASTH UI Lt. 3, Kampus UI Salemba. Bayu Andalas saat ini menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Perlengkapan dan Sarana Seremonial, Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Sidang ini dalam rangka memperoleh gelar Doktor Ilmu Lingkungan dengan Judul disertasinya yaitu Model Kenyamanan Termal Gedung Pemerintah Ramah Lingkungan.  Sidang dipimpin oleh Dr. Emil Budianto dengan promotor Prof. dr. Haryoto Kusnoputranto, S.K.M., Dr.PH. dan sebagai ko-promotor Dr. Suyud Warno Utomo, M.Si. dan Drs. Raldi Hendrotoro Koestoer, M.Sc., Ph.D., APU.  Bertindak sebagai majelis penguji dalam sidang terbuka promosi doktor ini antara lain Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Si., Dr. Oswar M. Mungkasa, MURP., Dr. Setyo Sarwanto Moesidik, DEA., Dr. Agus Triyono dan Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si.

Dalam disertasinya, Bayu Andalas menganalisis bahwa saat ini sektor  bangunan menyerap 40% energy global, 25% air global dan turut menyumbang 30% emisi gas rumah kaca di dunia. Pada kota metropolitan seperti Jakarta, zonasi bangunan dengan fungsi kantor adalah salah satu fungsi mayoritas dalam Rencana Tata Ruang Wilayah serta berkontribusi signifikan terhadap luas lahan terbangun. Kantor pemerintahan sebagai gedung dengan fungsi spesifik memiliki peran penting dalam pelayanan kepada masyarakat dan produktivitas pengguna gedungnya terpengaruh oleh kenyamanan termal. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun model kenyamanan termal bagi pengguna gedung kantor pemerintah yang ramah lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Method (Kuantitatif dan Kualitatif) pengukuran tingkat kenyamanan termal pada manusia menggunakan skala PMV (Predicted Mean Vote) dan Percentage Person Dissatisfied (PPD) melalui kuesioner dan pengukuran langsung pada elemen fisik gedung, Konsumsi Energi pada gedung (IKE/Indeks Konsumsi Energi Gedung), Produktivitas kerja dan Indeks pelayanan masyarakat (Kepuasan Kerja dan Kinerja Kerja) serta lokasi gedung berdasarkan analisis spasial berdasarkan kewilayahan administrasi di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasil pengukuran menunjukkan, kenyamanan termal di Jakarta Pusat adalah 27,06ºC to 30,06ºC, sedikit lebih rendah dibanding Jakarta Utara (27,29ºC to 30,41ºC) dan kenyamanan termal di Jakarta Selatan adalah pada rentang 25,92ºC – 31,89ºC. Populasi dalam penelitian ini terbagi 2(dua) yaitu : Populasi gedung adalah semua Gedung dengan fungsi kantor Pemerintahan/BUMD milik Pemprov DKI Jakarta sejumlah 311 Gedung kantor dan pengelola gedung sebanyak 367 orang. Data menggunakan daftar database gedung milik Pemrov DKI Jakarta dari Unit Pelaksana Teknis Jakarta Smart City. Keterkaitan antara variable diolah dengan SEM-PLS Structural Equation Modeling – Partial Least Square untuk diolah dan dibuat permodelan. Hasil dari beberapa pengujian model di dapatkan model yang cocok terhadap tujuan riset.

 

Sdr. Bayu Andalas berhasil mempresentasikan dan mempertahankan disertasinya dengan baik dan mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan.

(Red Fira, editor Tyas, pict PW) 

X