9 Nilai UI Identitas Kita

Sesuai dengan fungsi universalnya sebagai rumah dan lumbung pengetahuan, teladan, dan kekuatan moral bagi masyarakat, Universitas Indonesia (UI) memiliki nilai-nilai dasar yang harus dijunjung tinggi oleh para sivitas-nya. Nilai-nilai tersebut nantinya harus diamalkan oleh seluruh warga UI. Hal ini dilakukan demi terwujudnya visi yang dimiliki UI.

“Semua warga UI dapat menerapkan nilai-nilai dasar dalam perilaku sehari-hari di UI, sehingga tak ada lagi perbedaan persepsi yang muncul di berbagai tingkat di UI, semua adalah warga UI yang memiliki nilai budaya dalam berperilaku,” kata Wakil Rektor UI Sumber Daya Manusia dan Kerja Sama, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, dalam sambutannya pada acara sosialisasi nilai-nilai UI bertajuk “ 9 Values ​​Into Action ” yang digelar di Balai Sidang, Kampus UI Depok, Selasa, 9 April 2019.

9 Nilai Budaya Universitas Indonesia 

Selasa, 09 April 2019 bertempat di Balai Sidang Universitas Indonesia Kampus Depok, Universitas Indonesia mengadakan acara bertajuk “9 Values ​​Into Action”. Acara ini merupakan bukti keseriusan Universitas Indonesia dalam penerapannya.

Internalisasi Nilai-Nilai Universitas Indonesia (UI) merupakan langkah UI untuk memperkuat kembali nilai-nilai yang telah dibentuk. Terdapat 9 rumusan yang harus dihayati dan diwujudkan dalam tindakan nyata oleh seluruh warga UI. Kesembilan Nilai UI tersebut adalah Kejujuran , Keadilan , Keterpercayaan , Kemartabatan , Tanggung Jawab , Kebersamaan , Keterbukaan , Kebebasan Akademik , dan Kepatuhan pada Aturan. Hal ini mencerminkan jiwa dan identitas diri Universitas Indonesia beserta warganya.

Acara ini dimulai dengan laporan penanggungjawab oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Kerjasama, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA disambung dengan sambutan Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met.

 

Dikesempatan kali ini juga diadakan 2 Sharing Session , yang pertama diisi oleh Bp. Agus DW Martowardojo selaku Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018, dengan tema “ Budaya & Implementasi ”. Pada Sharing Session yang ke-2 diisi oleh Kristianti Puji Rahayu, perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pada rangkaian penutup, dilaksanakan dengan pembuktian dan pin Duta Budaya oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Kerjasama UI (Warek 4) kepada pegawai UI yang telah terpilih menjadi Duta Budaya UI. Pada kesempatan kali ini, SIL & SKSG diwakili oleh 2 orang wakilnya, Caturingtyas Pangestuti, M.Si. dan Afiq Pramono, ST.

Di penghujung acara, Warek 4 memberikan hadiah kepada para pemenang kuis 9 nilai UI yang diadakan sejak awal bulan Maret, sebagai bentuk apresiasi. Acara tutup dengan makan siang bersama dan ramah tamah. (red: PW)

X