Pusat Penelitian Sumber Daya Manusia dan Lingkungan

Pusat Penelitian Sumberdaya Manusia dan Lingkungan (PPSML-UI) dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia tertanggal 1 Agustus 1979 No. 037/SK/R/UI/1979. PPSML adalah salah satu pusat penelitian di bawah naungan UI, khususnya bertanggung jawab pada Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia. Dengan demikian para peneliti selain staf peneliti tetap dapat pula berasal dari staf pengajar dan peneliti di lingkungan UI, maupun mahasiswa S2 dan S3 Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia.

Fungsi PPSML seperti terefleksi dari namanya, adalah penelitian di bidang sumberdaya manusia dan lingkungan. Namun demikian, sebagai institusi yang berada di bawah Universitas Indonesia, PPSML mengemban tugas TRIDARMA Perguruan Tinggi yaitu pendidikan (pelatihan), penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Tugas Utama dari PPSML adalah:

1. Penelitian
Pada bidang Penelitian, PPSML mengadakan penelitian di bidang lingkungan, seperti Biologi Lingkungan, Ekonomi Lingkungan, Pendidikan Lingkungan, Geografi Lingkungan, Kesehatan Lingkungan, Teknik Lingkungan, Pendidikan Lingkungan, Geografi Lingkungan, dan lain sebagainya. Selain itu, berbagai kajian lingkungan seperti AMDAL, Audit Lingkungan, peranserta/konsultasi publik, keanekaragaman hayati, kualitas air, kualitas udara, limbah B3, survei sosial, persampahan, otonomi daerah, kelembagaan lingkungan, hukum dan perundang-undangan, dan sebagainya.

2. Pendidikan/Pelatihan

Pada bidang Pendidikan, PPSML menunjang kegiatan Pendidikan Sekolah Ilmu Lingkungan; selain menyelenggarakan berbagai pelatihan dalam bidang lingkungan hidup seperti AMDAL, Audit Lingkungan, Pengelolaan Lingkungan Hidup Terpadu, UKL-UPL, Monitoring dan Evaluasi Lingkungan, dan berbagai pelatihan lingkungan hidup lainnya. Penyelenggaraan pelatihan di PPSML (regular training), eksekutif, in-house training, dan dapat dilaksanakan sesuai kesepakatan dengan mitra.

3. Pengabdian pada Masyarakat

Pada bidang Pengabdian pada Masyarakat, PPSML menyelenggarakan berbagai kegiatan penyuluhan, community development, sosialisasi, seminar, lokakarya, sebagai narasumber pada instansi pemerintah maupun swasta, tim pakar pada Komisi AMDAL Pusat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta berbagai kabupaten dan kota, serta anggota tetap Komisi AMDAL Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, PPSML memiliki Perpustakaan Lingkungan Hidup dan Laboratorium Lingkungan; serta menerima konsultasi masalah lingkungan hidup.

Sejak berdirinya PPSML hingga saat ini, PPSML dipimpin oleh:
1. 1984 – Januari 1994 : Prof. Dr. Ir. M. Soerjani (Alm.)
2. Januari 1994 – November 2000 : Prof. Retno Soetaryono, SH., M.Si. (Almh.)
3. November 2000 – April 2004 : Dr. Ir. Setyo S. Moersidik, DEA.
4. Mei 2004 – April 2006 : Dr. Drs. Suyud Warno Utomo, M.Si. (Plh PPSML)
5. April 2006 – April 2011 : Dr. Ir. Setyo S. Moersidik, DEA.
6. April 2011 – Saat Ini : Prof. dr. Haryoto Kusnoputranto, SKM., Dr.PH.

X