Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Lingkungan Soleh Rusyadi Maryam

Friday, July 13 th, 2018 ·

Pada hari Rabu tanggal 11 Juli 2018 Program Studi Ilmu Lingkungan, sekolah Ilmu Lingkungan UI melaksanakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Lingkungan dengan promovendus Soleh Rusyadi Maryam di Aula Gedung IASTH UI Lt. 3, Kampus UI Salemba. Sidang ini dalam rangka memperoleh gelar Doktor Ilmu Lingkungan dengan Judul disertasinya yaitu Sinergi Peran Pemangku Kepentingan Dalam Mewujudkan Sustainabilitas Pengusahaan Karet Rakyat. Sidang dipimpin oleh Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si.dengan promotor Prof. Dr. Ir. Teuku Yuri M. Zagloel, M.Eng. Sc. dan sebagai ko-promotor Dra. Francisia Saveria Sika Ery Seda, M.A., Ph.D. dan Ir. Chairil Abdini Abidin Said, M.Sc., Ph.D. Bertindak sebagai majelis penguji dalam sidang terbuka promosi doktor ini antara lain Dr. Ir. Suharto Honggokusumo, M.Sc.; Dr. Sigit Pranawa, M.Si.; Dr. Ir. Sufrin Hannan, M.M.; dan Dr. Hayati Sari Hasibuan, M.T.

Dalam disertasinya, Soleh Rusyadi Maryam meneliti tentang Pengusahaan karet rakyat yang masih menghadapi dua permasalahan mendasar yaitu rendahnya kualitas bahan olah karet (bokar) dan rendahnya penghasilan petani. Hal ini diduga karena belum terbentuknya sinergi diantara para pemangku kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indikator dan variabel peran pemangku kepentingan, yaitu pemerintah, industri karet remah, dan lembaga bantuan dalam mewujudkan sustainabilitas pengusahaan karet rakyat serta merumuskan kerangka konsep pengembangan sinergi peran pemangku kepentingan tersebut. The Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) digunakan untuk menganalisis signifikansi hubungan indikator-variabel dan hubungan antar variabel peran pemangku kepentingan pengusahaan karet rakyat di Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran lembaga bantuan signifikan dalam mewujudkan sustainabilitas pengusahaan karet rakyat, namun tidak demikian halnya dengan peran pemerintah dan peran industri karet remah. Sebuah kerangka konseptual pengembangan sinergi peran pemangku kepentingan pengusahaan karet rakyat telah dirumuskan melalui penelitian ini.

Sdr. Soleh Rusyadi Maryam berhasil mempresentasikan dan mempertahankan disertasinya dengan baik dan mendapatkan yudisium Cum Laude (js)

X