Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Lingkungan Humprey Wangke

Saturday, May 05 th, 2018 ·

Pada hari Sabtu tanggal 5 Mei 2018 Program Studi Ilmu Lingkungan, sekolah Ilmu Lingkungan UI melaksanakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Lingkungan dengan promovendus Humphrey Wangke di Aula Gedung IASTH UI Lt. 3, Kampus UI Salemba. Sidang ini dalam rangka memperoleh gelar Doktor Ilmu Lingkungan dengan Judul disertasinya yaitu Penanggulangan Pembalakan Liar Melalui Penerapan Model Kemitraan Antara Masyarakat Lokal Dan Balai Taman Nasional (Studi Kasus Pembalakan Liar di Taman Nasional Kutai Provinsi Kalimantan Timur).

Sidang dipimpin oleh Dr. Emil Budianto dengan promotor Prof. Dr. Achmda Fedyani S, M.A., S.S. serta sebagai ko-promotor Prof. Dr. Ir. Hadi Sukadi Alikodra, M.S. dan Prof. Tommy Hendra Purwaka, S.H., LL.M., Ph.D.

Bertindak sebagai majelis penguji dalam sidang terbuka promosi doktor ini antara lain Dr. Herry Yogaswara; Dr. Linda Darmajanti, M.T.; Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Sc., dan Dr. Hayati Sari Hasibuan, M.T.

Dalam disertasinya, Humphrey Wangke ini menekankan pada aspek penanggulangan pembalakan liar melalui penerapan model kemitraan antara Balai TNK dan masyarakat lokal. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa model kemitraan antara Balai TNK dan masyarakat lokal, serta melibatkan pemerintah kabupaten Kutai Timur, perusahaan, perguruan tinggi dan LSM belum pernah dipraktikkan di TNK sehingga memiliki potensi menjadi sarana untuk mengintegrasikan konservasi dan pembangunan dalam pengelolaan TNK agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Sdr. Humphrey Wangke berhasil mempresentasikan dan mempertahankan disertasinya dengan baik dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.(js)

X