Kiprah Mahasiswa Sekolah Ilmu Lingkungan sebagai Mentor di Acara The 7th UI Youth Environmental Action (UI YEA) 2018

Friday, November 16 th, 2018 ·

Himpunan Mahasiswa Sekolah Ilmu Lingkungan (Himpasiling UI) bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) Bidang Lingkungan Hidup (BLH) menyelenggarakan acara UI Youth Environmental Action (UI YEA) 2018. UI YEA adalah konferensi tahunan bidang lingkungan bagi seluruh mahasiswa muda di ASEAN untuk menciptakan inovasi dalam menyelesaikan isu lingkungan hidup. Kerjasama yang dibangun antara BEM UI BLH dengan Himpasiling UI adalah sebagai mentor Forum Group Discussion (FGD) yang menjadi salah satu bagian dari rangkaian UI YEA pada Kamis, 15 November 2018 di Aula Terapug Perpustakaan UI Depok. Tema yang diusung adalah “How Do Youth Solve Waste Problems to Build Sustainable Cities in ASEAN 2030”.

Tahun ini, Himpasiling UI dipandu Ketua Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Dr. Hayati Sari Hasibuan, S.T., M.T., mendelegasikan 5 mahasiswa jenjang magister yakni Fakhri Rafi (36B R), Yosi A. Adriyanto (36B R), Adenira Hargianintya (36B R), Berliana Nur Kholila (37A R), dan Farah Widya Asrofani (37A R) sebagai mentor FGD di UI YEA 2018. Para mentor dibagi menjadi 5 kelompok akan menciptakan sebuah inovasi baru dalam menyelesaikan persoalan lingkungan tentang “The Biggest Enemy of Human Life Future: Microplastic”.

Foto bersama antara panitia dan mentor saat menerima sertifikat penghargaan

Diskusi dengan peserta FGD berlangsung lancar dan inovatif sesuai arahan para mentor. Menurut Berliana (mahasiswa SIL 36B R) “Pengalaman menjadi mentor FGD UI YEA 2018 adalah salah satu pengalaman yang sangat menyenangkan, semakin terpacu untuk terus belajar. Inovasi yang peserta tawarkan untuk lingkungan sangat beragam sesuai keahlian bidang mereka masing-masing”. “Saya ingin menjadi mentor lagi tahun 2019” Imbuh Berliana. Salah satu mentor lainnya pun Fakhri, mengungkapkan bahwa “Acara UI YEA 2018 ini sangat kreatif dan produktif memberi arti lebih tentang kolaborasi antar bidang masing-masing untuk lingkungan”.

 

Tidak hanya FGD, International Seminar UI YEA 2018 pun diselenggarakan pada Jumat, 16 November 2018 di Balai Sidang UI Depok. Pada akhir acara Seminar Internasional, BEM UI memberikan penghargaan kepada SIL UI sebagai bentuk terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada dosen dan mentor yang menyukseskan acara UI YEA 2018. Pada kesempatan tersebut, SIL UI diwakili oleh Nining Harnita, S.Kesos, M.Si alumni dan juga mentor dari SIL UI. “UI YEA adalah gerakan sosial anak muda, mengajak komponen di lingkungan sekitarnya untuk belajar dan bergerak bersama”. “UI YEA menjadi sebuah langkah kecil untuk perubahan besar” tutur Nining.

Foto bersama Ketua BEM UI 2018, Delegasi, Pembicara, dan Ketua Panitia UI YEA 2018

Ketua UI YEA 2018, Diki, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada segenap dosen dan kakak-kakak mahasiswa SIL UI yang ikut serta mesuskeskan UI YEA 2018 ini. Ketua Himpasiling UI, Ihya Sulthonuddin berharap kerjasama baik yang telah terjalin antara Himpasiling UI dan BEM UI ini bisa terus berlanjut hingga UI YEA 2019 yang akan datang.  Semoga, kiprah mahasiswa Sekolah Ilmu Lingkungan semakin berkembang dalam menjawab persoalan lingkungan hidup di Indonesia. Demi mewujudkan Indonesia yang lestari lingkungan hidupnya di tahun 2045.

Kontibutor berita: Ihya Sulthonuddin

X