Green Campus 2018

Thursday, September 20 th, 2018 ·

Green Campus adalah kegiatan kajian ilmiah, temuan riset, aksi dan atau kampanye berkenaan dengan kelestarian lingkungan hidup yang dilakukan oleh mahasiswa baru jenjang magister dan doktor di Program Studi Ilmu Lingkungan, Sekolah Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia.

Gambar 1 Kegiatan Green Campus 2018

Green Campus 2018 wajib dilaksanakan seluruh mahasiswa baru jenjang magister dan doktor Semester Gasal TA 2018/2019 di Program Studi Ilmu Lingkungan, Sekolah Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia.

Green Campus 2018 biasanya dilaksanakan setiap awal semester baru sebagai bagian dari serangkaian dari kegiatan kamaba UI tahun 2018.

Pada tahun 2018, Green Campus ini dilaksanakan yang kedua kalinya pada hari Sabtu tanggal 15 September 2018 Pk. 08.00-13.00 WIB di Kampus UI Salemba, Sekolah Ilmu Lingkungan, Univesitas Indonesia.

Green Campus 2018 kali ini mengangkat tema “Together We Creat A Better Environmental”.

Serangkaian Green Campus dipandu oleh mahasiswa yang tergabung di dalam Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Lingkungan (Himpasiling) Universitas Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Direkur dan Wakil Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan, Ketua Program Studi Ilmu Lingkungan baik jenjang magister/doktor, dan mahasiswa baru Sekolah Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia lainnya.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dr. Emil Budianto selaku Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan. Diawali dengan Senam Maumere bersama oleh pimpinan Sekolah Ilmu Lingkungan dan semua mahasiswa baru.

Gambar 2 Pembukaan dan Senam Maumere Bersama

Kemudian, dilakukan aksi bersih-bersih dalam bentuk sapu menyapu lingkungan kampus UI Salemba, tepatnya di depan gedung Rektorat dan gedung Sekolah Ilmu Lingkungan. Selanjutnya, dilakukan aksi penanaman tanaman hias di taman gedung Sekolah Ilmu Lingkungan.

Gambar 3 Bersih-bersih Lingkungan Kampus UI Salemba

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan acara presentasi oleh seluruh mahasiswa baru yang terbagi menjadi 3 kelompok. Kelompok tersebut terdiri dari kelompok pengelolaan sampah, pemanfaatan energi dan penataan ruang.

Gambar 4 Pembukaan Sesi Presentasi

Presentasi ini adalah hasil riset dan kajian ilmiah selama 14 hari di lingkungan kampus UI Salemba. Luaran hasil Green Campus berupa laporan yang akan diajukan sebagai rekomendai untuk pihak berkepentingan di Sekolah Ilmu Lingkungan dan poster lingkungan yang di tempel di lingkungan kampus UI Salemba.

Gambar 5 Presentasi Kelompok dan Dosen Ahli

Kemudian, dilanjutkan presentasi dosen ahli penataan ruang dan transportasi lingkungan perkoataan oleh Dr. Hayati Sari Hasibuan, S.T., M.T tentang kampus berkelanjutan.

Hasil presentasi tiga kelompok tersebut kemudian dinilai oleh Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si. sekalu Wakil Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan yang juga sebagai penilai Adiwiyata tingkat Nasional.

Gambar 6 Proses dan Hasil Penilaian Kelompok Terbaik

Kelompok terbaik kali ini adalah kelompok tiga tentang Penataan Ruang. Pimpinan Sekolah Ilmu Lingkungan mengharapkan hasil temuan riset dan rekomendasi tersebut ditindaklanjuti dalam bentuk proposal pembuatan Vertikal Garden di Sekolah Ilmu Lingkungan yang akan diajukan ke Pimpinan Universitas Indonesia.

Green Campus 2018 kali ini ditutup dengan acara bernyanyi bersama lagu wajib mahasiswa Sil UI “Nusantaraku” karya Jamal Mirdad dan foto bersama antara peserta dan pimpinan Sekolah Ilmu Lingkungan.

Kegiatan Green Campus ini akan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

 

X