Sekolah Ilmu Lingkungan di Kegiatan I-Gov UI Expo 2018

Friday, November 02 nd, 2018 ·

Universitas Indonesia melalui Direktorat Kerja Sama menyelenggarakan forum kerja sama dalam bentuk Industry – Government UI Expo (I-Gov UI Expo 2018). Kegiatan I-Gov UI Expo 2018 dilaksanakan dalam rangka mewujudkan konsep kerja sama penta-helix yang terdiri atas elemen akademisi, pemerintahan, industri, masyarakat dan media massa/daring. Kegiatan ini dimaksudkan dengan tujuan mempertemukan berbagai pihak sebagai bentuk upaya UI untuk membuka peluang kerja sama yang dapat terjalin antara UI dengan keempat elemen tersebut, khususnya pemerintah (pusat maupun daerah) dan kalangan industri di seluruh Indonesia.

Kegiatan I-Gov UI Expo 2018 dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Oktober 2018 hingga Kamis, 1 November 2018 di Balairung Kampus Universitas Indonesia, Depok. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Laksamana Madya TNI, Dr. Didit Herdiawan Ashaf, M.P.A, M.B.A selaku Kepala Staf Umum TNI dan Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met. sebagai Rektor Universitas Indonesia. Serangkaian acara I-Gov UI Expo 2018 terdiri atas 1 acara workshop, 4 acara talkshow, dan pameran yang diisi oleh 14 fakultas, 2 sekolah, 1 program vokasi seluruh Universitas Indonesia, kementerian, lembaga pemerintah (pusat dan daerah), TNI, dan juga kepolisian RI.

Sekolah Ilmu Lingkungan bersama dengan tim perwakilan dari Pusat Penelitian Sumberdaya Manusia dan Lingkungan (PPSML-UI) dan Sekolah Kajian Statejik dan Global menampilkan poster-poster karya riset terbaik mahasiswa dan pengabdian kepada masyarakat, buku, Jurnal Lingkungan & Pembangunan, video profil SIL. Tidak hanya itu, SIL pun berdampingan dengan PPSML mempromosikan pentingnya kuliah di bidang Ilmu Lingkungan saat ini.

 

Selama dua hari, cukup banyak pengunjung I-Gov UI Expo 2018 yang singgah ke stand SIL. Beberapa diantaranya dari kalangan mahasiswa FMIPA dan Farmasi Univeritas Indonesia, Alumni, pemerintah daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, Badan Informasi Geografis (BIG), UPT K3L UI dan masih banyak instansi lainnya. Pengunjung pameran stand SIL banyak bertanya terkait dengan profil SIL, bagaimana cara masuk kuliahnya, berapa biaya kuliah untuk S2 & S3 dan banyak lainnya. Bahkan salah satu perwakilan dari pihak pemerintah daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat ingin menyekolahkan beberapa pegawainya (sumber daya manusianya). “Saya ingin sekali kuliah di Sekolah Ilmu Lingkungan, bahkan saya juga berniat untuk mengajak rekan-rekan pegawai pemerintahan untuk melanjutkan kuliah di bidang Lingkungan. Karena saat ini, kami selalu kalah jika berbicara mengenai isu Lingkungan dan Perkotaan Berkelanjutan.” Pungkasnya.

Tidak kalah pentingnya, acara Talkshow pun berlangsung sangat meriah. Tema yang diusung antara lain adalah Manajemen Kebencanaan, SMART City di Indonesia, Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, serta terakhir mengenai isu Lingkungan dan Energi Terbarukan. Menariknya, salah satu pembicara di acara Talkshow sesi Lingkungan dan Energi Terbarukan di Indonesia adalah Prof. Jatna Supriatna, M.Sc., Ph.D selaku dosen Sekolah Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia. Beliau memaparkan materi terkait dengan isu “Perubahan Iklim di Indonesia Masa Kini”.

Kegiatan ini tentu sangat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua. Hal ini sebagai bentuk upaya Sekolah Ilmu Lingkungan UI dalam berkomitmen membuka peluang dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan hidup di Indonesia. (Ihya)

X